Saturday, July 6, 2013

PANTAI SENGGIGI


Bila anda dulu memikirkan tubuh anda terbaring di tepi pantai indonesia, diatas pasir putih yang indah, ditaburi panorama alam yang serba eksotis, dan dihujani sinar mentari yang menghangatkan tubuh, maka tidak salah bila anda menyempatkan diri berekreasi serta ber wisata pantai ke senggigi di pulau lombok, nusa tenggara barat. pantai yang terdapat 12 km. di sebelah barat laut kota mataram ini memanglah merupakan object wisata yang populer dengan keindahan serta kealamian pantainya.

masyarakat kerap menyejajarkan keindahan pantai senggigi ini dengan pantai-pantai ternama di pulau bali, layaknya kuta, legian, serta sanur. apalagi, keindahan pantai senggigi kerap dilukiskan melebihi pantai-pantai tersebut, dikarenakan situasinya yang tambah lebih nyaman serta tenang. barangkali perihal ini berkenaan dengan belum maraknya kehadiran turis mancanegara di pantai ini.

sebagai lokasi wisata pantai andalan propinsi nusa tenggara barat, senggigi tetap relatif alami serta terjaga kebersihannya. pantainya yang tetap asri, debur ombaknya yang tidak terlampau besar, serta keindahan panorama bawah lautnya, makin menegaskan bahwa pantai yang membentang lebih kurang 10 km. ini merupakan area idaman untuk beberapa wisatawan domestik ataupun mancanegara untuk melupakan sesaat kebiasaan sehari-harinya serta situasi hiruk-pikuk kota.

pantai senggigi saat ini mulai dilirik oleh beberapa wisatawan, terutama wisatawan mancanegara, dikarenakan daerahnya yang relatif perawan serta juga informasi yang sudah meluas mengenai keberadaannya. dengan pertambahan ketertarikan serta antusiasme wisatawan ke pantai senggigi, pemerintah tempat setempat serta perusahaan sewasta semakin giat membangun serta membenahi semua prasarana, supaya beberapa wisatawan semakin tertarik untuk berkunjung ke pantai ini.

kelebihan pantai senggigi
berkunjung ke senggigi di pulau lombok barangkali perlu jadikan agenda wisata tersendiri untuk wisatawan yang suka keindahan serta kesejukan alam. pikirkan saja, waktu memasuki lokasi pantai, wisatawan dengan segera dapat tersapu-lembut oleh semilir angin yang berhembus di selama gugusan pantai di lombok barat, propinsi nusa tenggara barat ini. situasi fresh, nyaman, serta indah seolah menyapa wisatawan di awal kunjungannya. waktu sudah ada tepi'>di tepi pantai, mata beberapa wisatawan dapat disuguhi oleh eksotisme pantai berlatar pesona ombak yang saling berkejaran, pasir putih yang menghampar, serta beberapa ribu binatang kecil yang menyebar di hamparan pasirnya, dan lanskap gunung agung di pulau seberangnya ( pulau bali ).

senggigi memanglah tawarkan pesona pantai yang khas. situasi alami yang belum banyak dijejali oleh turis asing, seolah jadi penanda lain pantai ini dengan pantai-pantai di bali. ini pasti berikan nuansa tersendiri untuk beberapa pengunjung. tidak aneh, pantai ini saat ini jadikan tujuan alternatif baru beberapa wisatawan yang merindukan situasi kesenyapan alami yang menentramkan.

masih banyak kegiatan wisata yang bisa dikerjakan pengunjung di pantai ini, layaknya berenang, bermain air, menyelam, snorkeling, berjemur, serta bermain–main bikin istana pasir. bila mentari sore sudah mulai meredup, wisatawan bisa juga menyempatkan waktunya untuk sebatas jalan enjoy dengan bertelanjang kaki menelusuri tepi pantai, duduk di hamparan pasir dengan mangamati biru-hijau air laut, atau bersantai di gerai hotel tepi pantai sambil menanti sunset tiba. untuk pengunjung yang pingin berenang atau sebatas bermain air, dianjurkan untuk lebih waspada, dikarenakan tepi'>di tepi pantai banyak ada karang-karang runcing yang cukup membahayakan kaki.

untuk wisatawan yang berkunjung ke pantai senggigi, sempatkanlah mengamati pura batu bolong. waktu jalan menyusuri tepi pantai senggigi, lebih kurang lebih kurang 1/2 jam, wisatawan dapat mendapatkan sesuatu pura yang dibangun diatas karang yang terdapat tepi'>di tepi pantai. pura inilah yang oleh masyarakat lebih kurang dinamakan pura batu bolong. menurut legenda setempat, dahulu saat di pura ini kerap diselenggarakan pengorbanan seorang perawan, sebagai sajian makanan untuk ikan hiu yang tinggal di pantai. legenda lain menyebutkan, pura ini juga merupakan area beberapa wanita menerjunkan dirinya ke laut dikarenakan patah hati.

perihal lain yang menarik untuk dikerjakan yaitu menyusuri senggigi saat malam hari, terutama waktu purnama tiba. pengunjung dapat menjumpai beberapa orang/warga lebih kurang yang memakai hangatnya pasir senggigi untuk terapi kesehatan. mereka mengubur beberapa atau seluruh tubuh sampai leher sepanjang 2—3 jam, sambil mendengarkan deburan ombak yang memecah kesunyian. terapi ini masyarakat lebih kurang bisa mengobati beragam penyakit, layaknya pegel linu sampai kelumpuhan. bila tertarik dengan kegiatan ini, wisatawan bisa turut berhimpun serta mencobanya.

kuliner senggigi lombok
untuk urusan perut, wisatawan bisa coba kelezatan jenis-jenis hidangan/sajian makanan khas lombok di restoran-restoran yang berjajar rapi tepi'>di tepi pantai. harga nya beragam dimulai dari rp 30. 000 sampai rp 300. 000 per orang ( desember 2008 ). pasti, bersantap ria di tepi pantai diterangi semburat sinar bln. serta dihibur oleh orkestra debur ombak pantai sungguh sayang bila ditinggalkan demikian saja.

yang tidak kalah menarik, wisatawan jangan sempat lupa untuk mencicipi sajian makanan khas lombok yaitu ayam taliwang serta plecing kangkung. nyaris setiap restoran di pantai senggigi, atau di lombok dengan umum, sediakan sajian masakan ini. sembari menyantap ayam taliwang atau plecing kangkung, wisatawan dapat dihibur dengan kesenian khas lombok, berbentuk musik serta tari. apalagi bila tidak keberatan, pengunjung juga bisa turut menari berbarengan dalam nuansa keceriaan serta kekeluargaan.

disamping itu, untuk oleh-oleh, wisatawan juga janganlah lupa beli mutiara serta kain tenun dengan beragam motif serta warna. mutiara yang sudah dirangkai jadi perhiasan yang indah serta menawan mata ini banyak didapati di kios-kios tepi pantai. tetapi, bila berkemauan untuk merangkai sendiri mutiara-mutiara ini, wisatawan dapat beli butiran mutiara polos. mutiara polos ini umumnya dijajakan dalam wujud kalung yang terdiri dari banyak mutiara. mutiara-mutiara tersebut bisa disusun sendiri sesuai wujud perhiasan yang di idamkan.

sesudah senang nikmati keindahan alam pantai senggigi, wisatawan bisa meneruskan perjalanan wisatanya menuju tempat-tempat wisata yang tidak jauh dari lokasi pantai, diantaranya, tiga gili ( pulau kecil ) : yaitu gili trawangan, gili meno, serta gili air, pantai kerandangan, serta pantai batu layar. batu layar yaitu area suci untuk beberapa penganut islam wetu telu di pulau lombok ( suku sasak ).

lokasi

pantai senggigi terdapat di sebelah barat laut kota mataram, kabupaten lombok barat, propinsi nusa tenggara barat ( ntb ), indonesia.
menuju lokasi pantai senggigi cukup mudah, dikarenakan sudah ada pelabuhan serta bandara di pulau lombok. jika bertolak dari pulau bali, wisatawan bisa berangkat dari pelabuhan karang asem menggunakan kapal feri menuju senggigi, dengan waktu tempuh lebih kurang 30 menit perjalanan. jarak tempuh ini dapat dipangkas jika menggunakan pesawat terbang dari bandara ngurah rai denpasar menuju bandara selaparang di mataram ( ibu kota ntb ), yang cuma membutuhkan waktu lebih kurang 15 menit saja.

tak hanya dari pelabuhan karang asem, wisatawan juga bisa berangkat dari pelabuhan padang bay di bali menggunakan kapal feri menuju pelabuhan lembar di pulau lombok. dalam perjalanan, wisatawan dapat dimanjakan dengan pemandangan alam yang indah serta juga timbulnya ikan lumba-lumba yang saling berkejaran ikuti kapal. perjalanan padang bay—lembar dengan kapal feri mengonsumsi waktu lebih kurang 4 jam. setelah tiba di pelabuhan lembar, wisatawan bisa meneruskan perjalanan ke kota mataram. dari kota mataram, pantai senggigi berjarak 11 km. serta bisa ditempuh menggunakan taksi serta kendaraan umum yang lain.

tak hanya jalur laut, wisatawan juga bisa menuju pantai senggigi gunakan jalur penerbangan udara dari kota-kota besar di indonesia, layaknya jakarta, surabaya, bali, serta yogyakarta. gunakan pesawat terbang dari di antara kota tersebut, wisatawan dapat sampai ke bandara selaparang, mataram. dari bandara ini wisatawan bisa segera menuju lokasi pantai senggigi.

akomodasi serta sarana lainnya

di lebih kurang pantai senggigi banyak ada penginapan yang dapat jadikan pilihan sesuai dengan keperluan anda. dimulai dari hotel berbintang, resor, hotel melati sampai pemondokan. sebagian area menginap yang bisa jadikan alternative yaitu holiday inn, the oberoi, sheraton senggigi, melati dua cottage, pool villa club, pemandangan cottage, dan sebagainya. disamping itu, di lokasi pantai ini juga banyak didapati restoran, cafe, bar, pasar terbuka, jejeran warung suvenir serta cenderamata, mushola, toilet umum, tempat parkir, dan sebagainya. pantai senggigi yaitu pantai indonesia yang memanglah layak untuk jadikan obyek wisata pantai



lihat foto lainnya:





No comments:

Post a Comment