Saturday, July 6, 2013

TAMAN LAUT WAKATOBI

Wakatobi yaitu kepulauan yang terdapat di sebelah tenggara pulau sulawesi. kepulauan ini diberi nama wakatobi, yang disebut singkatan dari nama 4 pulau utamanya, yakni wangi-wangi, kaledupa, tomiang, serta binongko. wakatobi ditetapkan sebagai lokasi taman nasional pada tahun 1996, dengan luas total , 39 juta hektare. wakatobi mempunyai keanekaragaman hayati laut, skala serta situasi karang yang tempati di antara posisi prioritas paling tinggi dari konservasi laut di indonesia. 

pesona bawah laut wakatobi memanglah di antara yang terbaik didunia. letak wakatobi yang masuk dalam lokasi segitiga karang dunia bikin area ini jadi surga untuk beberapa penyelam. bagaimana tidak, wakatobi mempunyai 750 dari 850 spesies koral, type karang yang bermacam dan makhluk laut yang telah sukar ditemukan di tempat lain 

mewujudkan mimpi nikmati seluruh keindahan wakatobi saat ini tidaklah sulit. transportasi ke kabupaten wakatobi, sulawesi tenggara, ada tiap-tiap hari. sesaat, di wangi-wangi, ibukota wakatobi, sudah ada angkot, taksi serta ojek. keseluruhan cost yang diperlukan lalu tidak terlampau mahal, cuma dengan 7 jutaan untuk liburan sepanjang 3 hari 2 malam. anda dapat siap-siap backpacking kesana. untuk ke wakatobi, anda dapat menentukan menggunakan kapal laut atau pesawat. menggunakan kapal laut memanglah lebih murah, tetapi makan waktu lama, dari makassar ke wakatobi saja memerlukan waktu kian lebih 10 jam. lantas, memakai pesawat yaitu pilihan yang lebih pas walau barangkali bikin perjalanan anda tidak layaknya seorang backpacker. 

sekarang ini, penerbangan ke wangi-wangi, ibukota wakatobi, telah ada tiap-tiap hari. maskapai penerbangan express air, melayani penerbangan dari makassar ke wangi-wangi sekali 1 hari, berangkat dari makassar lebih kurang jam 8. 00 wita. penerbangan ini menggunakan pesawat kecil bermuatan 30-an orang serta dapat transit di bau-bau. penerbangan ke makassar dapat dikerjakan dengan maskapai apapun. namun, upayakan supaya dapat tiba sebagian jam sebelum saat pesawat ke wakatobi berangkat. apabila pingin aman, dapat tambah baik menentukan penerbangan dengan maskapai yang sama. cost dari jakarta ke wangi-wangi dengan express air lebih kurang rp 1 , 9 jutaan. 

sampai di wangi-wangi, anda dapat mulai melacak penginapan gunakan taksi maupun ojek. taksi di wangi-wangi umumnya tidak menggunakan argo, lantas tambah baik survey harga taksi lebih dulu dengan ajukan pertanyaan pada sebagian pihak. bila pingin keliling wangi-wangi, taksi juga dapat disewa selama hari dengan cost lebih kurang rp 250. 000. untuk kemudahan transportasi, dapat tambah baik menentukan penginapan di wangi-wangi. tidak perlu cemas dapat melupakan lokasi lain, karena ada speedboat maupun kapal dapat mengantar anda ke lokasi wakatobi lain, layaknya hoga, kaledupa, tomia serta binongo. 

ada bermacam pilihan penginapan. sangat murah yaitu menginap di tempat tinggal warga, biayanya lebih kurang rp 500. 000 per malam. hotel standar mempunyai tarif lebih kurang rp 150. 000 sampai rp 300. 000 per malam. bila pingin lebih mewah, biasa menentukan resort dengan harga rp 500. 000 sampai rp . 500. 000 per malam. 

selesai dengan urusan akomodasi, anda dapat mulai mempersiapkan acara inti, nikmati keidahan laut. layaknya di area lain, ada dua alternatif, snorkeling serta diving. apabila tidak mempunyai perlengkapan, anda dapat menyewanya, terhitung menyewa pemandu serta kapal yang dapat mengantarkan ke site diving. 
untuk melacak pemandu, sangat mudah menghubungi kantor wwf wakatobi. mereka mempunyai jaringan ke sebagian masyarakat yang dapat memandu selam. ada sebagian yang tawarkan paket pemandu, perlengkapan selam, kapal serta area penginapan dengan harga rp . 1000. 000 per orang /hari. syaratnya, minimal rombongan yaitu 4 orang. dengan paket itu, anda telah dapat menyelam di sebagian area terbaik wakatobi, terhitung hoga, waha, tomia serta area lain. di lokasi selam spesifik, anda dapat menjumpai ikan napoleon yang ukurannya cukup besar, terhitung kelinci laut, macam bintang laut serta yang tentu keragaman karang. 
tak hanya diving serta snorkeling, anda juga dapat nikmati atraksi lumba-lumba dengan dolphin watching atau lihat pemandangan matahari terbit serta tenggelam di hoga, di antara area dengan pemandangan sunset serta sunrise terbaik. tempat budidaya rumput laut juga dapat dilihat di tempat-tempat spesifik, terlebih lebih kurang kaledupa serta wangi-wangi. pada malam hari, langit gelap juga tawarkan taburan bintang. untuk yang suka astronomi, wakatobi juga dapat jadi di antara alternatif. di sebagian lokasi, tetap dapat didapati kampung bajo yang ada di dalam lautan, walau jumlah semakin sedikit sekarang ini. 
bila memang sungguh-sungguh pingin melingkari wakatobi, sekurang-kurangnya perlu waktu 1 minggu supaya cukup senang. pasalnya, perjalanan satu pulau ke pulau yang lain mesti dikerjakan dengan speedboat dengan jadwal spesifik yang terkadang tidak dapat dihandalkan. mungkin menyewa speedboat spesial, namun tarifnya mahal. untuk wisata kuliner, ada sebagian yang perlu dicoba. anda dapat mencicipi kasuami, makanan pokok terbuat dari singkong yang diparut, diperas airnya serta dikukus, umumnya dimakan berbarengan ikan. ada juga kari ayam wakatobi dan kue karasi. yang tentu, bermacam seafood dengan mudah didapati. ada warga yang apalagi mengonsumsi gurita. 
nah, ayo wujudkan mimpi ke wakatobi. nikmati keindahan yang awal mulanya cuma ada dalam cerita maupun film. untuk yang tidak senang atau tidak dapat menyelam, tidak perlu takut. kegiatan snorkeling cukup menjanjikan keindahan, yakinkan saja pemandu terus ada di dekat anda, sekurang-kurangnya bikin anda terus jadi tenang.

lihat foto lainnya:




No comments:

Post a Comment