Saturday, June 29, 2013

TAMAN LAUT BUNAKEN SULAWESI

Bunaken yaitu pulau seluas 8, 08 km² di teluk manado, yang terdapat di utara pulau sulawesi, indonesia. pulau ini merupakan sisi dari kota manado, ibu kota provinsi sulawesi utara, indonesia. letak geografis 1°35’ - 1°49’ lu, 124°39’ - 124°35’ bt. di lebih kurang pulau bunaken ada taman laut bunaken yang disebut sisi dari taman nasional bunaken. taman laut ini mempunyai biodiversitas kelautan di antara yang paling tinggi didunia. selam scuba menarik banyak pengunjung ke pulau ini. dengan total taman laut bunaken meliputi area seluas 75. 265 hektare dengan lima pulau yang ada didalamnya, yaitu pulau manado tua, pulau bunaken, pulau siladen, pulau mantehage berikut sebagian anak pulaunya, serta pulau naen. walau meliputi area 75. 265 hektare, lokasi penyelaman ( diving ) cuma terbatas di tiap-tiap pantai yang melingkari kelima pulau itu.


taman laut bunaken mempunyai 20 titik penyelaman ( dive spot ) dengan kedalaman beragam sampai . 344 mtr.. dari 20 titik selam itu, 12 titik selam diantaranya ada di lebih kurang pulau bunaken. dua belas titik penyelaman inilah yang sangat sering dikunjungi penyelam serta penggemar keindahan panorama bawah laut.
beberapa besar dari 12 titik penyelaman di pulau bunaken berjajar dari sisi tenggara sampai sisi barat laut pulau tersebut. di lokasi inilah ada underwater great walls, yang dimaksud juga hanging walls, atau dinding-dinding karang raksasa yang berdiri vertikal serta melengkung ke atas. dinding karang ini juga jadi sumber makanan untuk ikan-ikan di perairan lebih kurang pulau bunaken

potensi daratan pulau-pulau taman nasional ini kaya dengan type palem, sagu, woka, silar serta kelapa. type satwa yang ada di daratan serta pesisir diantaranya kera hitam sulawesi ( macaca nigra nigra ), rusa ( cervus timorensis russa ), serta kuskus ( ailurops ursinus ursinus ). type tumbuhan di rimba bakau taman nasional bunaken yakni rhizophora sp., sonneratia sp., lumnitzera sp., serta bruguiera sp. rimba ini kaya dengan beragam type kepiting, udang, moluska serta beragam type burung laut layaknya camar, bangau, dara laut, serta cangak laut. type ganggang yang ada di taman nasional ini meliputi type caulerpa sp., halimeda sp., serta padina sp. padang lamun yang mendominasi terlebih di pulau montehage, serta pulau nain yakni thalassia hemprichii, enhallus acoroides, serta thalassodendron ciliatum.

tercatat 13 genera karang hidup di perairan taman nasional bunaken, didominasi oleh type terumbu karang pinggir serta terumbu karang penghalang. yang sangat menarik yaitu tebing karang vertikal sampai sejauh 25-50 mtr.. lebih kurang 91 type ikan ada di perairan taman nasional bunaken, salah satunya ikan kuda gusumi ( hippocampus kuda ), oci putih ( seriola rivoliana ), lolosi ekor kuning ( lutjanus kasmira ), goropa ( ephinephelus spilotoceps serta pseudanthias hypselosoma ), ila gasi ( scolopsis bilineatus ), dan sebagainya. type moluska layaknya kima raksasa ( tridacna gigas ), kepala kambing ( cassis cornuta ), nautilus berongga ( nautilus pompillius ), serta tunikates/ascidian.

cara pencapaian lokasi : taman nasional bunaken bisa dicapai melewati pelabuhan manado, marina nusantara diving centre ( ndc ) di kecamatan molas serta marina blue banter. dari pelabuhan manado gunakan perahu motor menuju pulau siladen bisa ditempuh lebih kurang 20 menit, pulau bunaken lebih kurang 30 menit, pulau montehage lebih kurang 50 menit serta pulau nain lebih kurang 60 menit. dari blue banter marina gunakan kapal pesiar yang ada menuju tempat wisata di pulau bunaken bisa ditempuh kurun waktu 10-15 menit, namun dari pelabuhan ndc menuju lokasi penyelaman di pulau bunaken gunakan speed boat ditempuh kurun waktu lebih kurang 20 menit.


lihat foto lainnya: 





No comments:

Post a Comment