Saturday, September 7, 2013

CANDI GAMPINGAN YOGYAKARTA

pict by google


Candi gampingan adalah kompleks candi budha yang terdapat di dusun gampingan, kel. sitimulyo, kec. piyungan, kab. bantul, sebelah timur kota yogyakarta. menurut perkiraan beberapa pakar, candi gampingan pertama kali didirikan lebih kurang abad ke-8 serta ke-9 pada masa kerajaan mataram kuno. saat ditemukan pada th. 1995 oleh seorang pembuat batu bata, dengan situasi candi gampingan yang terpendam didalam tanah.
walau hingga saat ini tetap belum seutuhnya selesai dipugar, kompleks reruntuhan candi gampingan tampak mempunyai tujuh buah candi yang tidak utuh, dengan bangunan utama yang berukuran lebih kurang 5m kali 5m dengan tinggi lebih kurang 1, 2 mtr..
                                                                  pict by google

saat pertama kali ditemukan, didalam candi gampingan ada tiga buah arca dhyani buddha wairocana yang memiliki bahan perunggu, dua arca jambhala serta candralokeswara yang terbuat dari batu andesit, benda-benda yang terbuat berbahan emas, dan sebagian benda dari keramik.



dibagian kaki candi gampingan ada relief binatang katak serta unggas atau burung pelatuk, burung gagak, serta ayam jantan. dikarenakan ada arca jambhala serta dhyani buddha wairocana, diperkirakan candi gampingan ini yaitu area pemujaan agama buddha yang beraliran mahayana.

No comments:

Post a Comment