Friday, January 24, 2014

KEINDAHAN GOA SEPLAWAN PURWOREJO

pict by google

Goa seplawan terdapat di desa donorejo, kecamatan kaligesing dengan jarak tempuh +- 20 km ke arah timur dari pusat kota purworejo dengan ketinggian 700 m dpl hingga udaranya amat sejuk. goa ini mempunyai ciri spesial berbentuk ornamen yang ada didalam goa, diantaranya staklatit, staklamit, flowstone, helekit, soda straw, gower dam serta dinding-dindingnya berornamen seperti kerangka ikan. panjang goa seplawan +- 700 m dengan cabang-cabang goa lebih kurang 150-300 m serta berdiameter 15 m. goa alam yang amat mengagumkan ini jadi makin populer dengan ditemukannya arca emas dewa syiwa dan dewi parwati seberat  5 kg pada tanggal 28 agustus 1979 ,dan saat ini arca tersebut disimpan di museum nasional jakarta.

Goa seplawan ,goa ini terdapat di gugusan bukit menoreh perbatasan kab purworejo serta kulon progo,Goa seplawan merupakan peninggalan sejarah peradaban periode majapahit dapat dibuktikan dengan ditemukannya sesuatu arca emas 22 karat setinggi 9 cm dengan berat 2,5 kg. pada 15 agustus 1979 di di antara sudut goa.

arca kencana itu berbentuk patung sepasang pria serta wanita yang tengah bergandengan tangan. beberapa pakar arkeolog meyakini bahwa patung itu yaitu dewa siwa serta dewi parwati, arca itu adalah peninggalan pada zaman hindu siwa. saat ini arca tersebut disimpan di museum nasional serta sebagai gantinya pemerintah membangun tiruan arca didepan mulut goa, tiruan itu ukurannya semakin besar dari yang sesungguhnya. lokasi goa seplawan juga sangat mungkin untuk para penggemar alam dibuktikan dengan kerapkalinya adanya acara dari sebagian penggemar alam yang datang dari beragam tempat.

goa seplawan juga mempunyai camping ground atau lokasi berkemah yang cukup luas dan sangat mungkin untuk berwisata berkemah.Pada saat ini situasi goa ini amat mengesankan dengan panorama alam yang demikian indah ditumbuhi flora diantaranya lumut ( di mulut goa ), paku-pakuan serta pemandangan rimba pinus yang asri. beberapa pengunjung juga bisa nikmati taman bunga di lebih kurang goa.

Disini tiga pilihan jalur menuju goa seplawan ;

1. Dari pusat kota purworejo anda dapat menuju arah timur, yakni di kecamatan kaligesing. dapat melewati cangkrep lantas brenggong, plipir, kaliharjo, melalui kaligono, lantas menuju donorejo.

2. dari pusat kota wates, kabupaten kulon progo, ambillah saja arah exs sgo ( sekolah guru olahraga ), lantas menuju kolam renang clereng, lurus serta ikuti,jalur naik pegunungan menoreh, hingga tembus di lokasi goa kiskenda. dari sana ikuti jalur yang kiri-kanannya ada banyak rimba pinus. saat anda dapat lihat keberadaan lima tiang pemancar yang tertanam di kebon tower gunungkelir, maka tidak jauh darinya sudah tibalah anda di lokasi goa seplawan.

3. Dari pusat kota jogja, perempatan tugu ambillah lurus saja kearah barat. keluar outer-ringroad terus, ketemu perempatan ( lampu merang/bangjo ) pasar godean juga terus lurus,menyebrangi jembatan kali progo, sesudah itu ada lampu merah perempatan kentheng, nanggulan. dari sini dapat ambillah arah kiri menuju puskesmas janti, lantas di perempatan samping puskesmas, ambillah arah kanan naik mulai menyusuri perbukitan menoreh melewati komplek kantor kecamatan girimulyo. atau terus dapat lurus terus, serta mulai menaiki bukit menoreh, yang selanjutnya tembus jonggrangan, lantas naik kearah goa kiskendo. dari sana telah tidak jauh bisa dijangkau goa seplawan.