Tuesday, June 25, 2013

TAMAN LAUT KEPULAUAN RAJA AMPAT

Raja ampat - indonesia segera mempunyai wisata bawah laut kelas dunia. kabupaten raja ampat yang mempunyai wisata bawah laut yang hebat dapat jadi incaran wisatawan mancanegara serta domestik. surga bawah laut di perairan papua ini mempunyai kekayaan alam yang indah dikarenakan 80 % spesies laut dunia tumbuh serta hidup di raja ampat.

dalam satu tahun teakhir, turis dari mancanegara bukan sekedar mengulas bali sebagai destinasi wisata di indonesia. beberapa wisatawan saat ini rela jauh-jauh membayar mahal pergi ke segi timur tanah air, ke kepulauan raja ampat. wahana apa kiranya yang di sajikan kepulauan ini ?

raja ampat yaitu pecahan kabupaten sorong sejak 2003. kabupaten berpenduduk 90 ribu orang ini mempunyai 1844 pulau, mengacu pada survey bakosurtanal pada tahun 2011. kepulauan ini terdapat di barat laut kepala burung pulau papua serta mempunyai empat pulau besar yaitu misol, salawati, bantata serta waigeo.
di tahun 2011, jumlah wisatawan yang datang ke raja ampat sejumlah lebih kurang 8400 orang. dari jumlah itu 8000 diantaranya, merupakan wisatawan mancanegara yang umumnya dari benua eropa, amerika serta asia, namun sisanya pelancong tanah air. maklum, untuk ke raja ampat wisatawan mesti merogoh kocek dalam-dalam dengan kisaran 20-30 juta rupiah.
kabupaten raja ampat letaknya terpencil di papua barat. lokasi ini menaruh sejuta keindahan bawah laut. wisata bahari raja ampat dikenal sebagai di antara dari 10 wisata menyelam terbaik didunia. pesona serta kekayaan alam bawah laut, jadi andalan kabupaten raja ampat menembus persaingan dunia pariwisata di indonesia serta dunia. lokasi ini dikenal sebagai pusat sumber daya alam tropis paling kaya didunia. raja ampat yaitu kabupaten baru di indonesia. lokasi yang terdapat terpencil di papua barat ini baru berumur tujuh tahun. apalagi, infrastrukturnya belum cukup. untuk meraih raja ampat, wisatawan mesti terbang ke sorong lantas menyusuri laut sejauh 71 km untuk tiba di raja ampat. gugusan pulau-pulau yang dikenal dengan sebutan the four king ini mempunyai formasi karst ( batu kapur ) yang tiada duanya dipadu dengan kehadiran buruk-buruk langka layaknya cenderawasih merah, cenderawasih wilson, dan maleo waego.
asal mula nama raja ampat menurut mitos masyarakat setempat datang dari seorang wanita yang mendapatkan tujuh telur. empat butir diantaranya menetas jadi empat orang pangeran yang berpisah serta tiap-tiap jadi raja yang berkuasa di waigeo, salawati, misool timur serta misool barat. sesaat itu, tiga butir telur yang lain jadi hantu, seorang wanita, serta sesuatu batu.
dalam perjalanan histori, lokasi raja ampat sudah lama dihuni oleh masyarakat bangsawan serta mengaplikasikan sistem kebiasaan maluku. dalam sistem ini, masyarakat skumpulan manusia. setiap desa dipimpin oleh seorang raja. sejak berdirinya lima kesultanan muslim di maluku, raja ampat jadi sisi klaim dari kesultanan tidore. sesudah kesultanan tidore takluk dari belanda, kepulauan raja ampat jadi sisi klaim hindia-belanda.



lihat foto lainnya: 






No comments:

Post a Comment