Tuesday, April 16, 2013

PESONA WISATA GOA CERME DI YOGYAKARTA


goa yakni awal dari peradaban. pada awal kehidupan, manusia membuatnya sebagai area berlindung dari alam yang tidak ramah. untuk sebagian masyarakat spesifik, goa juga mempunyai makna tersendiri. goa cerme di bantul, yogyakarta juga mempunyai kisahnya sendiri.

goa cerme yaitu goa peninggalan sejarah yang ada dan menghubungkan dua kabupaten di yogyakarta. pintu masuk ada di lokasi kabupaten bantul, sedang pintu keluarnya terhitung lokasi kabupaten gunungkidul. pintu masuk goa ada di dusun srunggo, selopamioro, imogiri, bantul, kurang lebih 20 km ke arah selatan yogyakarta. panjang goa menggapai, 5 km yang tembus hingga sendang di desa ploso, giritirto, panggang, kabupaten gunungkidul.

disinilah wali songo berikanlah ceramahnya sebelum akan mereka menyebarkan agama islam di tanah jawa. dan di goa ini juga kabarnya sebagian wali itu merancang bangunan masjid demak yang popular.

jejak-jejak sang wali itu hingga saat ini terus ada. walau sudah bercampur dengan sisa-sisa sesajen serta bau menyengat dari asap hio.

masyarakat di jateng sudah tidak asing dengan goa cerme. goa besar dan panjang ini ada di kecamatan imogiri, bantul. satu jam perjalanan dari kota yogyakarta

goa cerme ada di ketinggian 500 mtr. dari permukaan laut. gempa yang berlangsung sekian waktu yang lantas bikin beberapa tebing dikawasan ini longsor. untuk meraih goa mesti jalan kaki menaiki anak tangga yang cukup terjal sampai sejauh satu km..

goa cerme yaitu goa sangat besar disini. tetap ada dua goa lain di bukit ini yang diperkirakan terbentuk akibat runtuhnya beberapa tebing. pada hari-hari spesifik, di goa ini dipadati beberapa dalang yang datang untuk bersemedi serta menghendaki pesugihan sebelum saat naik pentas.

untuk meraih depan gerbang goa, pengunjung mesti mendaki bukit dengan menaiki lebih kurang 759 anak tangga. saat malam hari panorama kota di sebelah utara tampak indah dengan gemerlap lampu. dikelilingi oleh pohon-pohon yang tinggi, goa cerme terlihat asri. di lebih kurang goa cerme ada sebagian goa lain yang lebih kecil layaknya goa dalang, goa ledek, goa badut serta goa kaum yang banyak dipakai orang untuk bersemedi.

daya tarik utama goa cerme yaitu keindahan stalagtit serta stalagmit, ada sungai bawah tanah serta banyaknya kelelawar didalam goa. langit-langit goa rata-rata berketinggian lima mater, hingga meringankan anda untuk jalan menyusuri selama goa.

goa cerme terhitung kelompok goa yang tetap aktif, dikarenakan ornamen yang ada didalam goa dapat serta bisa terus berkembang. ornamen yang ada di goa cerme cukup lengkap, dimulai dari stalaktit, stalakmit, gourdam, gordin, flowstone, canopy serta bermacam keindahan alam dunia bawah tanah yang senantiasa dijanjikan goa.

tiket : rp. 2. 000, -

transportasi : untuk menuju ke goa cerme dapat naik bus jurusan parangtritis, lantas turun di terminal parangtritis atau jembatan kretek sebelum saat pintu gerbang parangtritis. habis itu ubah bus kecil jurusan tepus atau imogiri. sayangnya, angkutan tidak dapat segera menuju lokasi, demikian turun dari bus ubah ojek menuju lokasi serta minta antar segera ke mulut goa.

foto lainnya goa cerme


 




No comments:

Post a Comment