Wednesday, April 24, 2013

PESONA AIR TERJUN SALUOPA

 air terjun saluopa atau yang biasa disebut air luncur saluopa ada di desa tonusu, kurang lebih 12 km. arah barat dari kota tentena, ibukota kecamatan pamona utara, atau 54 km. arah tenggara dari kabupaten poso, sulawesi tengah. untuk menggapai lokasi object wisata ini, dari kota tentena dapat menggunakan kendaraan bermotor. lalu, dilanjutkan dengan jalur kaki sejauh kurang lebih 500 mtr..

diantara objec wisata yang menarik di sulawesi tengah yaitu object wisata air terjun saluopa. air terjun ini juga sering dikenal dengan sebutan air luncur saluopa. air terjun ini memiliki 12 tingkat, dan masing-masing tingkat ada tangga yang terbuat dari batu yang berguna untuk sebagian pangunjung untuk akses menuju tingkatan air terjun.

sulawesi menyimpan banyak pesona wisata yang layak dikunjungi. pulau terbesar ke-11 di dunia ini memiliki cukup banyak object wisata, salah satunya air terjun saluopa. air terjun saluopa ada di sebelah barat kota tentena, ibu kota kecamatan pamona utara, kabupaten poso. untuk menggapai air terjun dapat di gunakan kendaraan darat dan dilanjutkan dengan jalur kaki sejauh 500 mtr..

air terjun saluopa atau yang biasa disebut air luncur saluopa terdiri dari 12 tingkat, dengan air yang mengalir sangat jernih dan sejuk. keunikan air terjun ini yakni ada undakan batu-batu yang membentuk masing-masing tingkatan berupa suatu hal kolam kecil. tingkatan air terjun ini dapat dijelajahi atau didaki hingga ke tingkat teratas karena tidak berlumut walau dibawah derasnya air. juga di bawah air terjun ini ada beberapa kolam dengan air yang sangat jernih.

keunikan air terjun ini terlihat dari jumlah tingkatan yang dimiliknya. jika umumnya air terjun hanya bertingkat dua atau tiga, air terjun saluopa ini memiliki 12 tingkat. masing-masing pengunjung yang datang dapat naik ke tingkat paling atas melalui batu-batuan yang tidak berlumut di bawa derasnya air


lihat foto lainnya :





No comments:

Post a Comment