Saturday, April 27, 2013

PESONA KEINDAHAN PANTAI CONGOT JOGJAKARTA



 pantai congot yaitu pantai wisata yang sangat pas dikunjungi sesudah bertandang di pantai glagah. ke-2 pantai itu berjarak amat dekat serta dikaitkan oleh jalur beraspal halus yang apalagi cukup mudah ditempuh menggunakan sepeda. terdapat di desa perioderan, kecamatan temon, kabupaten kulon progo, pantai congot jadi pusat aktivitas warga lebih kurang yang menggantungkan hidup dengan melacak ikan.

keindahan panorama dapat didapati apalagi pada saat anda tetap didalam perjalanan menuju pantai ini. selama jalur yang menghubungkan wates dengan pantai congot, anda dapat bisa melihat hamparan sawah hijau serta kegiatan warga desa di kulon progo yang biasanya jadi petani. layaknya dataran dekat pantai di lokasi lain, jalan-jalan menuju pantai congot juga dihiasi oleh jejeran pohon kelapa.

pantai congot mempunyai pesona tersendiri di banding pantai-pantai yang lain karena nuansa nelayan serta perikanannya yang demikian kuat. di selama garis pantainya, anda dapat lihat kegiatan warga lebih kurang serta wisatawan lokal memuaskan kegemaran memancing. di sudut lain, ada beberapa nelayan yang sedang menjala ikan pinggir'>di pinggir pantai, menghancurkan cangkang rajungan yang menempel di jala maupun bersihkan perahu.

hiruk pikuk beberapa nelayan dengan rentetan aktvititas hariannya dapat disaksikan apabila anda berkunjung pada jam yang pas. pagi hari, umumnya beberapa nelayan berangkat menuju lautan gunakan perahu-perahu bermotor yang dimilikinya. sesaat menyambut siang, layaknya waktu yogyes berkunjung, beberapa nelayan umumnya sudah kembali membawa ikan hasil tangkapan yang lantas disetor ke area pelelangan ikan lokasi setempat.

menuju area pelelangan ikan, anda dapat lihat kegiatan beberapa wanita nelayan yang bersihkan ikan hasil tangkapan serta menjualnya pada sebagian konsumen. sesaat kegiatan jual beli berjalan di area pelelangan ikan, pria-pria nelayan umumnya repot bersihkan kapal serta menghancurkan rajungan yang biasa menempel pada jala serta kerapkali membuatnya sobek. semuanya berjalan dari sedang hari sampai menyambut sore.

apabila menggemari kegiatan memancing atau melacak ikan, anda dapat memuaskannya di pantai ini. cukup membawa peralatan memacing, anda telah dapat menjajal peruntungan untuk memperoleh ikan. apabila tidak mempunyai alat pancing, anda dapat menggunakan jala kecil serta menyusuri pinggir pantai untuk melacak ikan. berkunjung dengan teman serta memancing berbarengan tentu dapat jadi aktivitas yang menyenangkan serta mengakrabkan.

walau tidak demikian banyak jumlahnya, sebanyak warga lebih kurang membuka warung kecil yang menjual sea food sebagai menu utamanya. nikmati hidangan sembari lihat kegiatan beberapa nelayan pasti berikan nuansa tidak sama di banding bila menikmatinya di restaurant sedang kota. bau enak ikan goreng serta bakar dapat segera menyergap hidung saat hidangan sedang dimasak, mengundang selera untuk segera menikmatinya.

usai nikmati kegiatan nelayan serta nikmati hidangan sea food, anda dapat jalan ke barat untuk nikmati panorama muara sungai bogowonto. anda dapat berdiri di bangunan jetty ( sejenis tanggul ) yang ada di pinggiran hilir sungai atau batu-batuan pinggir'>di pinggiran muaranya. pertemuan air tawar sungai serta air asin laut inilah yang bikin lokasi pinggir pantai congot kaya bermacam type ikan. di muara sungai tersebut, bermacam type ikan ada didalam jumlah yang cukup banyak.

untuk berkunjung ke pantai congot, anda tidak butuh membayar biaya tambahan. kunjungan ke pantai ini telah terhitung didalam tiket wisata menuju pantai glagah. letak pantai congot yang amat dekat dengan pantai glagah pasti cukup jadi alasan untuk mengunjunginya. nuansa nelayan serta perikanan yang demikian kuat jadikan pantai ini terus mempunyai kekhasan serta tidak dapat demikian saja disamakan dengan pantai glagah.

lihat foto lainnya: 




No comments:

Post a Comment