Tuesday, April 30, 2013

PESONA BUDAYA TANA TORAJA SULAWESI

tana toraja yaitu diantara daya tarik wisata indonesia, dihuni oleh suku toraja yang tempati area pegunungan dan melindungi gaya hidup yang khas dan terus perlihatkan gaya hidup austronesia yang asli dan sama dengan budaya nias. area ini yaitu diantara object wisata di sulawesi selatan yang sangat menarik dan tidak dapat anda lewatkan.

tana toraja yakni diantara area yang cantik/ indah dan menawan di indonesia. dari terlalu jauh punggung bukit yang bergerigi dari pengunungan yang berjejer di utara sampai dari terlalu jauh lebih yang bening menembus celah bambu dan pohon aren yang pipih diatas bukit kecil didalam sawah, atap dan area tinggal toraja yang melengkung dengan sangat manis berdiri mendemonstrasikan kecakapan yang menakjubkan dari orang toraja di dalam keahlian mengukir dengan warna lukisan yang alami. sebelum akan belanda menguasai daratan ketinggian ini pada abad ke-20 masehi tidak ada satu kata lantas yang diperoleh pada nama dari agama mereka tidak cuma ada kata aluk yang mengaju pada satu kebiasaan ritual dan masalah kehidupan sehari-hari yang butuh dikendalikan, bagaimana suatu hal area tinggal dibangun, beras dimasak, anak-anak dan kepala desa disapa, aturan dan jumlah kerbau yang butuh dikorbankan di upacara demikian juga posisi dari bintang-bintang dikala pelukuan dimulai.

diantara dari basic ajaran selalu ada ubah dan saling berikanlah dan terima antar mereka, anugrah dan kutukan selalu berjalan antar yang hidup dengan spirit dan nenek moyang mereka. upacara kematian yakni upacara yang amat bergengsi di dalam rutinitas toraja. toraja mempunyai banyak atraksi untuk wisatawan.

didaerah pengunungan yang sejuk ini, pemandangan yang khusus, sebagian pengrajin cocok dengan keheningan dan keindahan yang alami. walau semakin lebih 1/2 masyarakat telah memeluk agama kristen, mereka terus berbangga dengan bwarisan wilayahnya dengan menyambut sebagian wisatawan dengan upacara ritualnya.

dibawah ini yakni daftar beberapa area menarik yang mungkin bisa anda kunjungi :

1. pallawa.
tongkonan pallawa yakni diantara tongkonan atau area tinggal rutinitas yang sangat menarik dan ada di antara pohon-pohin banbu di puncak bukit. tongkonan tersebut didekorasi dengan sejumlah tanduk kerbau yang ditancapkan di bagian depan area tinggal rutinitas. ada kurang lebih 12 km ke arah utara dari rantepau.

2. londa.
londa yakni bebatuan curam di segi makam khas tana toraja. diantaranya ada di area yang tinggi dari bukit dengan gua yang di dalam dimana peti-peti mayat diatur sesuai dengan garis keluarga, di satu segi bukit lainya ditinggalkan terbuka menghadap pemandangan hamparan hijau. ada kurang lebih 5 km ke arah selatan dari rantepau.

3. ke’te kesu.
object yang mengagumkan di desa ini berupa tongkonan, lumbung padi dan bangunan megalith di sekitarnya. kurang lebih 100 mtr. di belakang perkampungan ini ada situs pekuburan tebing dengan kuburan bergantung dan tau-tau di dalam bangunan batu yang diberi pagar. tau-tau ini tunjukkan penampilan pemiliknya sehari-hari. perkampungan ini juga dikenal dengan keahlian seni ukir yang dimiliki oleh penduduknya dan sekalian sebagai area yang bagus untuk berbelanja souvenir. ada kurang lebih 4 km dari tenggara rantepau.

4. batu tumonga.
di lokasi ini anda dapat mendapatkan kurang lebih 56 batu menhir di dalam satu lingkaran dengan 4 pohon di bagian tengah. biasanya batu menhir memiliki ketinggian kurang lebih 2 – 3 mtr.. dari area ini anda dapat tengok keindahan rantepau dan lembah sekitarnya. ada di area sensean dengan ketinggai 1300 mtr. dari permukaan laut.

5. lemo.
area ini sering dikatakan sebagai area tinggal sebagian arwah. di pemakaman lemo anda dapat tengok mayat yanng disimpan di udara terbuka, didalam bebatuan yang curam. kompleks pemakaman ini yaitu perpaduan pada kematian, seni dan ritual. pada waktu-waktu spesifik pakaian dari mayat-mayat bisa diganti dengan melalui upacara ma nene. ada di kabupaten tana toraja.

lihat foto lainnya: 




No comments:

Post a Comment