Tuesday, April 16, 2013

PESONA KEINDAHAN KAWAH PUTIH CIWIDEY BANDUNG

  
kawah putih yaitu sesuatu danau kawah dari gunung patuha dengan ketinggian 2. 434 mtr. diatas permukaan laut dengan suhu pada 8-22°c. di puncak gunung patuha tersebut ada kawah waktu, waktu bermakna surut didalam bhs sunda, yang ada dibagian barat serta di bawahnya kawah putih dengan ketinggian 2. 194 mtr. diatas permukaan laut. ke-2 kawah itu terbentuk akibat letusan yang berlangsung pada lebih kurang abad kali serta xii silam. kawah putih ini terdapat lebih kurang 46 km dari kota bandung atau 35 km dari ibukota kabupaten bandung, soreang, menuju ciwidey.

legenda kawah putih

gunung patuha konon datang dari nama pak tua atau ”patua”. penduduk setempat kerap menyebutnya dengan gunung sepuh. dahulu penduduk setempat berasumsi lokasi gunung patuha serta kawah putih ini sebagai tempat yang angker, tidak seorang lalu yang berani menjamah atau menuju kesana. konon dikarenakan angkernya, burung lalu yang terbang melintas diatas kawah dapat mati.

misteri keindahan danau kawah putih baru terungkap pada th. 1837 oleh seorang peneliti botanis belanda kelahiran jerman, dr. franz wilhelm junghuhn ( 1809-1864 ) yang lakukan penelitian di lokasi ini. sebagai seorang ilmuwan, junghuhn tidak meyakini demikian saja cerita penduduk setempat. waktu ia lakukan perjalanan penelitiannya menembus rimba belantara gunung patuha, selanjutnya ia mendapatkan sesuatu danau kawah yang indah.

sebagaimana halnya sesuatu kawah gunung, dari didalam danau keluar semburan aliran lava belerang beserta gas serta baunya yang menusuk hidung. dari perihal tersebut terungkap bahwa kandungan belerang yang amat tinggi tersebut yang mengakibatkan burung enggan untuk terbang melintas diatas permukaan danau kawah putih. dikarenakan kandungan belerang di danau kawah tersebut amat tinggi, pada zaman pemerintahan belanda pernah dibangun pabrik belerang dengan nama zwavel ontgining ‘kawah putih’. lantas pada zaman jepang, usaha tersebut dilanjutkan dengan nama kawah putih kenzanka gokoya ciwidey yang segera ada dibawah penguasaan militer jepang.

kawah putih adalah di antara wisata alam yang ada di bandung. tempat wisata kawah putih terdapat di kecamatan ciwidey, kabupaten bandung ( bandung selatan ).

kawah putih ini adalah sesuatu danau kawah yang terbentuk dari letusan gunung patuha, letusan ini berlangsung pada abad 10-12 atau lebih kurang th. 1000-1200 masehi yang lantas.

sesuai dengan namanya, kawah putih, kawah ini terselimuti kabut yang mempunyai keindahan yang tidak ternilai. bau belerang di kawah putih amat merasa serta udara dingin di kawah putih amat dingin, hingga bila anda pingin berwisata kesana ingin membawa pakaian atau jaket yang tidak tipis dikarenakan suhu hawa lebih kurang 8-22 derajat celcius dengan ketinggian lebih kurang 2. 434 dpl.

kawah ini dapat berikan kita pengalaman tidak sama. kita seolah-olah ada di salju dikarenakan tanahnya yang putih. kawah yang luas serta air yang berwarna hijau kebiruan bikin kita seolah-olah ada di pantai. pohon-pohon yang beberapa besar cuma tinggal batangnya serta telah kering turut menciptakan situasi yang tidak sama. disini juga ada batu-batu besar yang indah. keindahan tersebut yang bikin area ini jadi area favorit untuk calon pengantin untuk lakukan photo prewedding.

tak hanya kawah putih ada tempat wisata lain di sekitar ciwidey, layaknya danau situ patenggang, hamparan perkebunan teh rancabali, ranca upas, serta kebun strawberry ciwidey. tiap-tiap hari, banyak wisatawan dari serta luar kota bandung yang berkunjung ke obyek wisata alam di bandung ini, dikarenakan pesona serta keindahan yang pancarkan aura magic. tengok pantai jawa barat lainya di sini.


tiket masuk kawah putih :
wisatawan mancanegara : rp. 30. 000.
wisatawan nusantara : rp. 15. 000.
ontang-anting : rp. 10. 000 pp ( 5. 000 kali 2 )
mobil hingga ke atas : rp. 150. 000.
parkir bus : rp. 25. 000. 

lihat foto lainnya





No comments:

Post a Comment