Tuesday, April 30, 2013

PESONA WISATA BENTENG PENDEM CILACAP


object wisata benteng pendem adalah di antara dari sebagian area sebagai andalan pariwisata pemerintah kota cilacap, dahulu bangunan ini ada pada sepetak tempat dengan luas kian lebih 10 hektar tetapi sesudah pertamina membangun beberapa pengolahan minyak mereka disana, lokasi benteng pendem cuma tersisa 6 hektar saja, serta bila wisatawan menuju lokasi benteng dapat tampak dari jauh berbentuk gunudukan tanah dengan bentuk memanjang, untuk memasuki lokasi lokasi benteng telah amat baik dengan penataan taman serta rindang dengan pohon pohon besar yang ada di seputaran benteng, benteng ini sendiri terbagi didalam sebagian area, serta beberapa ruangan cukup mendebarkan bila anda menelusurinya dikarenakan belum ada penerangan yang cukup.

benteng pendem dikelilingin oleh sesuatu parit yang cukup besar yang dahulu dipakai untuk memperlambat musuh untuk segera tidak menyerang ke segi bangunan, susunan benteng dibikin jadi sebagian ruangan dengan lebar sampai 5 mtr. yang terdiri dari lorong yang cukup panjang dan sisi ruangan untuk menaruh amunisi, senjata serta area tinggal dari beberapa penjaga, keseluruhan ruangan dari seluruh benteng mempunyai 161 ruangan, menurut cerita tetap ada sebagian ruangan lagi yang belum ditemukan serta terhubung dengan pulau nusa kambangan, seluruh racangan sendiri lebih mengikuti dari bangunan benteng yang ada di belanda yang dikenal dengan nama fort rhijnauwen.

tidak cuma benteng saja yang menarik untuk dilihat, banyak aktivitas yang bisa wisatawan kerjakan di tempat seluas 6 hektar ini, parit besar yang mengililingi benteng sudah jadikan di antara object wisata, wahana dari sepeda air menelusuri kanal ini cukup menyenangkan untuk pengunjung, atau bersantai duduk lesehan di taman sebatas melepas capek dari melingkari benteng ditemani pohon yang rindang serta kegiatan yang cukup menarik menelusuri pesisir di ujung selatan benteng terlihat jadi aktivitas favorit untuk beberapa muda mudi yang berkunjung sekedari jalan menelusuri indahnya biru laut.

barangkali anda bisa berkunjung ke nusa kambangan ada sesuatu bangunan sejarah yang mempunyai keterikatan dengan benteng pendem yang terdapat di sebelah utara, area nya cukup indah berlatar pantai cantik bernama pasir putih, kunjungilah benteng pendem liburan anda serta keluarga dapat makin berguna dengan cerita sejarah yang bisa menambah rasa bangga pada negeri ini serta sudah pasti liburana dengan tema tidak sama yang tidak di tawarkan dari hiburan perkotaan.


lokasi benteng pendem ada di ujung barat daya kota cilacap, jalur menuju benteng ini amat gampang dibuka bila anda ada di kota cilacap sisi selatan tinggal mengambil jalur veteran sampai menuju jalur laut, lokasi benteng sendiri berdampingan dengan kilang pengolahan minyak pertaminan unit pengolahan sisi iv yang ada sebelum saat lokasi benteng di ujung selatan.

sejarah
didirikan pada pertengahan abad 18 tepatnya pada th. 1861 benteng pendem memerlukan waktu sampai 18 th. dibangun sampai utuh, dipakai sebagai benteng pertahanan belanda pada waktu itu sebagai segi pertahan di bagian selatan jawa dan serangan dari pejuang indonesia, didalam perjalanan sejarah nya sendiri benteng ini sudah berapa kali sukses di rebut, di mana dipakai sebagai masyarakat lokal untuk area pertahanan melawan penjajah hindia belanda serta pada awal penjajahan jepang 1942 benteng pendem juga sukses direbut oleh jepang sampai awal kemerdekaan, benteng ini juga dulu dipakai oleh tentaran indonesia sebagai area berlatih geriliya.

pada waktu di renovasi pada th. 1986 situasi benteng terlihat tertimbun dikarenakan sudah kian lebih 21 th. tidak dipakai serta memanglah dikarenakan letak benteng pas ada di bawa permukaan tanah, melalui pemerintah tempat benteng pendem di pugar dan di buka untuk wisata pada th. 1987, sampai saat ini citra dari benteng pendem jadi di antara object wisata yang perlu dikunjungi tak hanya berikan faedah edukasi untuk pengunjung lokasi serta arsitektur benteng tampak tidak sama dari benteng pertahan biasanya yang di bangun belanda.

lihat foto lainnya :